5 Tips dalam berbisnis!Wajib tahu!





BISNIS

Bisnis merupakan aktifitas atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang, banyak orang, maupun korporasi untuk yang lebih besarnya. Aktifitas atau kegiatan yang dilakukan ialah melibatkan aktifitas Produksi, Pemasaran, Penjualan, Pembelian, maupun pertukaran suatu barang atau bisa juga berupa jasa yang ditawarkan.


Bisnis merupakan suatu cakupan yang sangat luas yang pada intinya adalah untuk mendapatkan untung dari apa yang kita tawarkan. Kita dapat menawarkan apa saja, asal kan ada profit (keuntungan) yang kita dapatkan dari sesuatu yang kita tawarkan (jual) kepada orang lain. Maka Hal tersebut sudah dapat kita sebut sebagai suatu Bisnis.


Suatu bisnis dapat berjalan dengan baik yaitu dengan adanya beberapa faktor penting demi berlangsungnya bisnis yang kita jalan kan. Adapun beberapa faktor tersebut adalah :

1. Jual atau Tawarkan Barang/Jasa yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Hal ini merupakan hal yang paling fundamental (mendasar) dari sebuah bisnis. Dimana jika kita menjual atau menawarkan barang atau jasa yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang pada umumnya, maka Barang atau Jasa yang kita tawarkan akan laku keras di pasaran, karena memang orang lain membutuhkannya.

2. Pandai Membaca Situasi
Situasi merupakan faktor yang sangat penting saat kita menjual atau menawarkan barang/jasa kita. Jika kita pandai dalam membaca dan melihat situasi, maka dapat dipastikan bisnis kita akan banyak pembelinya. Contohnya kita menjual buah di sekolahan yang biasanya mendapat profit Rp 100.000 perhari, tetapi jika kita pandai membaca situasi, kita akan menjualnya pada saat aksi demo atau saat ada event-event tertentu di suatu tempat, makan profit biasanya akan naik 2-3 kali lipat dari biasanya.

3. Masukkan dan Kritik dari Pelanggan
Jika kita mempunyai bisnis, maka sebaiknya kita terbuka pada kritik dan saran pelanggan, agar usaha kita dapat lebih baik lagi kedepannya.

4. Membangun Superteam
Jika kita memiliki bisnis yang cakupannya cukup luas dan memiliki banyak pelanggan, maka kita harus fokus membangun superteam, dimana superteam ini befungsi untuk membuat perencanaan bisnis kita kedepannya. sehingga bisnis kita dapat berkembang lebih maju dan terarah untuk beberapa tahun kedepannya.

5. Mengatur Keuangan
Keuangan adalah faktor utama dalam keberangsungan suatu bisnis. Maka daripada itu profit, laba, dan modal harus diperhitungka secara matang, sehingga bisnis kita dapat terus berjalan untuk kedepannya.





Ada beberapa media yang dapat kita gunakan dalam berbisnis, yaitu :
1. Menjualnya secara langsung 
Cara ini dapat kita lakukan dengan berbicara langsung kepada calon pelanggan kita, bisa dengan cara door to door, maupun berbicara kepada orang yang kita temui. Tetapi cara ini tidak cukup efektif, karena membutuhkan tenaga yang lumayan banyak.

2. Membuka Toko atau Kedai
Nah, ini merupakan cara yang cukup bagus dalam berbisnis, tetapi lebih baik kita yang memiliki toko atau kedai itu sendiri, jika kita menyewa, maka kita harus sangat pandai dalam mengatur keuangan agar tidak terjadi over contract. Toko atau kedai kita tersebut sebaiknya menyediakan barang yang lengkap dan letak dari tokonya sendiri harus strategis, mulai dari tempat parkir, lingkungan sekitar, dan isi dari toko kita.

3. Media Sosial
Nah, ini merupakan cara yang sangat efektif. Karena dengan mengiklankannya di sosial media, kita tidak perlu terjun langsung ke lapangan dan tidak harus memiliki atau menyewa toko untuk berbisnis. Contohnya yaitu dengan membuat online shop di Instagram, Mengiklankan produk kita pada Selebgram yang followersnya cukup banyak di instagram, bisa mengiklankannya di Twitter, Facebook, GoogleAdsense, dll.

Komentar