Apa itu Wordpress? Apa saja Fitur-Fitur Wordpress?


WORDPRESS

Wordpress adalah sebuah website dari berbagai macam jenis website yang ada di dunia ini. Wordpress adalah website yang bersifat fleksibel. Wordpress adalah sebuah website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan berbasis data MySQL, Dimana basis data ini bersifat terbuka dan kita sebagai user bisa mengatur tools dan mengedit website wordpress versi kita sendiri.

Tetapi jika kita ingin membuat akun Wordpress dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Wordpress kita bisa dengan mudah membuatnya dengan cara:
1.  Buka url di browser dengan url wordpress.com




2.  Klik Mulai pada bagian kanan atas dari laman wordpress.com yang kita buka.









3.  Melakukan input data yang diminta oleh wordpress. Dan klik Buat Akun Anda pada bagian bawah.










4.  Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah. Silahkan pilih jenis dari Wordpress yang akan kita buat.










5.  Masukkan Topik yang sekiranya nanti anda akan mempostinng tentang topik tersebut.











6.  Kemudian kita akan memilih atau membuat domain kita sendiri. Ada beberapa pilihan nama domain kita yang berbayar atau ada juga pilihan gratis nya.










7.  Wordpress anda pun sudah siap. Dan silahkan melakukan pengeditan dan perapihan pada website Wrodpress anda.







Nah, Selanjutnya jika kita memiliki Hosting sendiri, maka akan muncul seperti dibawah ini :










Nah, ada beberapa fitur yang bisa kita akses jika kita membuat Wordpress menggunakan hosting sendiri, yaitu :

·     Post
Bisa di bilang ini adalah fitur yang paling penting karena disinilah kita akan membuat artikel untuk di publish. Penggunaannya mudah, tinggal geser kursur ke arah menu tersebut dan sub menu akan otomatis muncul. Nah, setelah itu klik ‘add new’ untuk membuat tulisan baru dan ‘all posts’ untuk melihat semua artikel baik yang sudah diterbitkan maupun masih di dalam draft.

·     Media
Ini berfungsi untuk menambahkan media seperti gambar maupun video ke dalam gallery. Sebenarnya penggunaan media bisa melalui 2 cara. Pertama melalui menu yang ada di sebelah kiri atau yang kedua melalui halaman postingan. Jadi suka-suka kalian mau pilih yang mana.

·     Pages
Jika kalian ingin membuat halaman baru, disinilah tempatnya. Ini berbeda dengan halaman postingan. Melalui menu ini kalian bisa menambahkan deskripsi blog, kontak, maupun yang lainnya.

·     Comments
Semua komentar yang sudah diterbitkan maupun yang sedang menunggu untuk di aprov akan muncul disini.

·     Themes
Menu ini berada pada ‘Appearance’. Bisa kalian bisa lihat sendiri pada bagian menu sebelah kiri. Themes berfungsi untuk mengatur tema/template yang kalian pakai untuk website kalian. Jika kalian ingin mengganti tema website kalian dengan yang lain, kalian bisa menggantinya melalui menu ini.

·     Customize
Secara umum ini berfungsi untuk mengatur layout dari tema yang kita pakai. Namun terkadang masing-masing tema juga memiliki cara tersendiri dalam pengaturan layoutnya. Menu ini juga berada pada menu ‘Appearance’.

·     Widgets
Fitur ini biasanya digunakan untuk menambah konten pada bagian sidebar maupun footer. Misalnya penambahan popolar post ataupun untuk menambahkan iklan.

·     Plugins
Salah satu fitur penting lainnya dari wordpress adalah plugins. Fitur ini memungkinkan kalian untuk bisa lebih memaksimalkan website kalian. Dengan plugins, kalian bisa mengoptimalkan website secara otomatis tanpa harus develop secara manual. Banyak plugin yang tersedia di wordpress. Saya menyarankan kalian untuk membaca artikel 7 plugin terbaik untuk memaksimalkan wordpress anda.

·     Permalink
Salah satu keunggulan wordpress adalah kita bisa dengan leluasa mengatur bagaimana tampilan permalink.


Komentar