INTERNET MARKETING
Internet Marketing atau Pemasaran
Internet merupakan
serangkaian upaya atau cara yang dilakukan oleh seseorang ataupun dalam skala
yang lebih besar seperti Perusahaan untuk memasarkan dan mengenalkan lebih suatu
Produk atau Jasa yang mereka miliki
kepada orang banyak dengan memanfaatkan Jaringan Internet. Internet Marketing
ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan ataupun orang yang
berkunjung guna meraup keuntungan tertentu, seperti peningkatan jumlah barang
yang dijual, agar orang lain tahu dan ingat suatu aplikasi, ataupun
meningkatkan pengunjung pada laman Website maupun Aplikasi.
Internet Marketing pada saat ini
sudah sangat berkembang dan semakin banyak media bagi kita untuk memasarkan
produk ataupun jasa yang kita miliki. Adapun beberapa media untuk tempat kita
beriklan adalah :
Website
: Pada Website ini kita bisa
memasang iklan pada baris-baris suatu halaman website.
Media
Sosial : Pada Media
Sosial ini kita dapat memanfaatkan fitur postingan maupun Snapgram di sosial
media tersebut. Namun jika pengikut dan teman kita hanya sedikit, kita bisa menyewa
Akun-Akun yang sudah banyak followersnya ataupun teman kita yang sudah menjadi
selebgram. Ataupun kita juga bisa mencari sensai di media sosial, kemudian memasukkan
iklan terselubung di dalam nya. Media Sosial yang bisa gunakan untuk beriklan
ialah Instagram, Twitter, Facebook, Whattsapp, Line, dll.
Youtube
: Nah, tentunya kita sering kesal
kan ketika menonton youtube banyak sekali iklan yang keluar pada video yang kita
tonton. Kita dapat memasukkan iklan kita di Youtube pada penyedia Iklannya
yaitu Google Adsense.
Email : Kita dapat mengirimkan email pada pelanggan kita yang
sudah meregistrasikan diri pada aplikasi yang kita buat ataupun website yang
kita buat. Nah, ketika mengirim email tersebut kita dapat menawarkan Produk maupun
Jasa yang kita miliki.
Perlu kita ketahui bersama,
bahwasannya untuk memasang iklan tersebut tentunya tidak GRATIS dan
harus membayar biaya-biaya tertentu dalam periode tertentu, contohnya kita
harus membayar pada Google Adsense agar iklan kita ditampilkan pada setiap video
yang di putar ataupun jika kita ingin website kita pada pencarian pertama
google, kita harus membayar sejumlah biaya pada Google dan Jika kita ingin
beriklan di akun instagram salah seorang Selebgram juga harus membayar sewa
terentu untuk setiap postingan atau instastory di akun mereka. Terkecuali kita
mengiklankannya sendiri seperti pada media sosial milik kita sendiri dan email.
PENTINGNYA INTERNET MARKETING!!!
Pada era sekarang ini yang
apa-apa serba digital dan hampir semua orang memiliki gadget dan sangat susah
terlepas dari gadgetnya walaupun hanyak beberapa jam, hehehe. Hampir dapat
dipastikan setiap orang yang memiliki Gadget pasti memiliki Media Sosial. Nah,
Internet Marketing membantu kita untuk menjangkau setiap orang yang memiliki
media sosial tersebut. Internet memiliki powernya tersendiri. Bisa Jadi Iklan
kita yang unik bisa menjadi Trending Topic dan dibicarakan oleh orang
se-Indonesia dan akan dikenal oleh setiap orang yang pastinya akan terjadi
peningkatan pada jumlah Produk yang kita jual atau Produk Jasa yang kita
tawarkan.
Dengan Pesatnya perkembangan
teknologi sekarang ini, sangat mudah untuk menjangkau setiap orang di dunia
ini. Cukup Iklan kan pada Platform-Platform penyedia layanan iklan, Produk kita
sudah bisa di kenal oleh banyak orang. Tentunya Tidak dengan sekali ataupun 2 kali
kita mengiklankannya, tetapi dengan terus mengiklankannya sampai orang lain berfikir
“Mau Beli makanan dimana ya? Mager nih. Oh iya di Gojek in aja deh.” Jika orang
telah berfikir seperti itu, kita dengan mudah dapat mengatur promosi dan
tentunya keuntungan yang kita dapatkan dari produk yang kita tawarkan.
Ada
beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatur strategi pengiklanan pada
internet ini, diantaranya :
1. Riset Produk
Kita
dapat meriset atau melihat produk apa saja yang sedang trending dan sedang
dibutuhkan oleh para pengguna media sosial. Kita dapat melihatnya pada Google
Tren, Google Keywoard Planner, Niche Blog untuk blog.
2. Riset Persaingan
Kita
dapat melihat persaingan produk-produk mana saja yang akan bertahan lama dan
permintaannya bagus. Kita bisa melihatnya di Google Keywoard Planner, Google
Search, ataupun melihat hal-hal yang sedang trending atau viral.
3. Iklan kan Produk
Langkah
Selanjutnya yaitu tentunya dengan membuat iklan produk yang kita riset tersebut
dan jangan lupa untuk menyediakan stok barangnya, sehingga ketika ada orang
yang membeli ataupun menggunakan jasa kita puas dengan apa yang kita tawarkan.
Komentar
Posting Komentar