INTERNET

Internet


Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking yang merupakan suatu jaringan komunikasi yang bersifat global yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya menggunakan suatu sistem yang diberi nama IP (Internet Protocol) atau TCP (Transmission Control Protocol), IP atau TCP ini merupakan kode unik yang menunjukkan identitas komputer yang kita gunakan dalam mengakses internet. 

Pada era digital sekarang ini, internet dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer bagi manusia, lantaran penggunaan koneksi internet ini sudah menyangkut hajat hidup orang banyak. Internet sangat memudahkan kita dalam melakukan berabagai aktifitas sehari-hari. Tidak hanya sebagai sarana untuk berkomunikasi, ada banyak aktifitas kita sekarang ini yang  sudah terhubung ke internet, contohnya saja, jika kita ingin membeli makanan, kita cukup memesannya melalui aplikasi gojek yang terhubung ke internet.

Namun, seiring perkembangan internet dan perangkat-perangkatnya, kejahatan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab juga semakin beragam, dan kadang kita tidak menyadari bahwasannya orang tersebut telah melakukan kejahatan cyber kepada kita. Yang dapat kita lakukan ialah menjaga data-data kita yang bersifat privasi yang seandainya jika orang lain mengetahuinya, maka bisa berpotensi kerugian bagi kita.

ISP (Internet Service Provider)
ISP atau Internet Service Provider merupakan jasa layanan yang memfasilitasi kita untuk melakukan surfing di dunia maya. Ada banyak jenis ISP yang ada di Indonesia ini, mulai dari layanan 2G(dulu), 3G, dan sekarang sudah beralih ke 4G, dan 5G untuk jaringan internet masa depan. ISP di Indonesia ini sangat beragam jenis dan juga harga untuk layanannya, diantaranya :
-TELKOMSEL
-XL
-INDOSAT
_DLL.



Layanan Pada Internet
Tadi kita sudah mengetahui internet memiliki berbagai macam layanan yang dapat memudahkan kita dalam beraktifitas. Adapun Layanan yang tersedia pada internet yaitu antara lain:
-Website : Pada website ini kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang ada di seluruh dunia dan juga tergantung kepada kebutuhan kita.

-E-Commerce : Pada layanan ini, kita dapat melihat harga barang-barang yang dijual secara online dan dapat juga membeli barang tersebut, dimana metode pembayarannya itu beramcam-macam tergantung dari penyedia layanan tersebut, contohnya Lazada, Bukalapak,DLL.

-E-Banking : Pada layanan ini kita bisa melakukan aktifitas perbankan dengan aplikasi yang terhubung ke Internet tanpa perlu lagi repot-repot datang ke BANK. Contohnya yaitu BNI Mobile Banking, BCA Mobile, dll.

-E-Government : Pada layanan ini kita dapat memantau berjalannya aktifitas pemerintahan pada suatu negara dengan mengakses website institusi pemerintahan tersebut menggunakan internet. Contohnya yaitu kita dapat melihat perkembangan terbaru di Indonesi pada www.Indonesia.go.id

-DLL.



WEBSITE
Website merupakan halaman atau situs yang ada pada suatu Domain Internet dan bisa diakses secara luas menggunakan URL.Website dapat kita akses dengan mengetikkan WWW atau http/https pada domain pertamanya, kemudia diikuti nama website kita, dan diakhiri domain berdasarkan jenis website kita. Website sangat banyak manfaatnya, yaitu manfaat utamanya ialah untuk memberikan informasi mengenai sesuatu hal. Selain itu website bisa juga untuk berbisnis dan menghasilkan uang. Nah, tadi ada disebutkan Domain,URL, WWW, dan Http/Https.

Domain Name Server (DNS)
DNS atau akrabnya kita menyebutnya dengan domain adalah sebuah nama unik pengganti IP yang mana kita tidak perlu mengingat IP address dari alamat website yang kita tuju. Cukup dengan mengetikkan domainnya saja, maka kita akan dapat mengkases alamat tersebut.
Contoh : www.fauzankamil.com

URL
URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian nama atau karakter yang tertuju pada alamat suatu situs sekaligus alamat dari halaman yang kita buka pada situs tersebut. Contohnya:
https://fauzankamill.blogspot.com/2019/09/rekayasa-perangkat-lunak.html
Alamat yang panjang ini disebut dengan URL. Biasanya URL ini terletak di bagian atas dekstop ketika kita mengkases suatu halaman yang terdapat pada suatu website.

WWW
WWW (World Wide Web) adalah suatu sistem yang berguna untuk mengirimkan suatu data dari suatu komputer ke komputer lainnya (akses Internet) yang bersifat Global atau Universal. Jadi siapa saja di dunia ini dapat mengakses informasi yang ada pada internet.

Http/Https
Hypertext Transfer Protocol/Secure merupakan jaringan lapisan kedua dari WWW yang membantu WWW untuk melakukan proses tranfser data. Jika HTTPS, maka website itu telah terjamin aman untuk diakses.

Komentar